SUB TEMA PENGAMATAN ARCHITECTURE (KLA) 2017

SUB TEMA PENGAMATAN ARCHITECTURE
Kuliah Lapangan Arsitektur (KLA) 2017

Dalam rangka studi ekskursi Kuliah Lapangan Arsitektur (KLA) 2017 universitas gunadarama mengadakan observasi langsung di lapangan dengan tujuan Hong Kong, Macau, Shenzhen-China yang dibagi kedalam 4 sub-tema yaitu :
1. Urban 
urban merupakan proses perencanaan yang berhubungan dengan kualitas lingkungan fisik atau disebut juga dengan desain lingkungan fisik. urban mencakup landscape dan gedung (building), baik pedestrian maupun bangunan baru, wilayah pedesaan maupun perkotaan yang didalamnya terdapat kelayakan dari pengelompokan, hubungan langsung, identifikasi elemen spesifik dan pentingnya suatu komunitas. 
elemen urban desain meliputi :
-tata guna lahan
-bentuk dan tatanan massa bangunan
-sirkulasi dan parkir
-ruang terbuka
-aktivitas pendukung 
jalur pedestrian,dll.
2. Landscape 
landscape adalah ilmu yang mempelajari tentang seni, perencanaan, perancangan, manajemen, perawatan, dan perbaikan tanah dan perancangan konstruksi buatan manusia skala besar.
elemen landscape desain meliputi :
-Hard Material
-Soft Material
-sirkulasi sekitar area, dll.
3. Architecture
architecture / arsitektur adalah seni yang dilakukan setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. arsitektur juga merujuk pada hasil-hasil proses perancangan tersebut. arsitektur yang diamati berdasarkan sub tema yang dipilih meliputi arsitektur baru dan arsitektur lama, yakni :
arsitektur baru adalah sebuah konsep yang membawa material baru dalam proses pembangunannya.
arsitektur lama adalah sebuah bangunan lama yang terus ada bahkan dilestarikan pada zaman sekarang.
lingkup pengamatan meliputi :
-elemen fasad
-struktur
-interior
4. Waterfront
waterfront adalah suatu kota atau kawasan yan memasukan berbagai aspek pertimbangan dan komponen-komponen penataanuntuk mencapai suatu perancangan kota atau kawasan yang baik. Waterfront juga merupakan lahan atau area yang terletak berbatasan dengan air seperti kota yang menghadap ke laut, sungai, danau atau sejenisnya. Bila dihubungkan dengan pembangunan kota, waterfront adalah area yang dibatasi oleh air dari komunitasnya yang dalm pengembangnnya mampu memasukkan nilai manusia, yaitu kebutuhan akan ruang public dan nilai alami.

Kesimpulan : dari berbagai macam sub tema ini maka akan dijadikan  sebagai acuan berdasarkan pengamatan dan tema yang telah dipilihkan dalam melaksanakan Studi Kuliah Lapangan Arsitektur (KLA) 2017

sumber :
http://thomiradifan.blogspot.co.id/2014/04/student-olympic-stadium_9.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK DESKRIPTIF

GARDEN OF STARS, HONGKONG

Environment Impact Analysis (AMDAL)