SHENZHEN, CHINA

SHENZHEN, CHINA



Shenzhen merupakan nama kota di China yang terletak di bagian tenggara, tepatnya di provinsi Guangdong. Pada tahun 2004, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 6 juta jiwa dengan memiliki luas wilayah 2.020 km². Kota ini terdiri dari 6 kabupaten level-divisi. Letaknya tak jauh dari perbatasan Hong Kong.

Sejarah Shenzhen

Kota Shenzen dahulunya hanyalah sebuah desa nelayan yang biasa bahkan merupakan suatu desa miskin pada tahun 1970, dimana sebagian penduduknya hanya bermata pencaharian sebagai nelayan. Keadaan ini sangat jauh berbeda dengan kota tetangganya yaitu Hong Kong yang merupakan sebuah kota metropolis karena dahulunya Hong Kong termasuk ke dalam Kolonial Inggris yang modern. Perkembangan Shenzhen dimulai tahun 1979. Saat itu, pemerintah pusat di Cina merasa perlu memiliki sebuah kota yang mampu menyaingi popularitas Hong Kong, pusat ekonomi Pasifik ketika itu. Terpilihlah Shenzhen yang memang tak jauh dari Hong Kong, hanya 1 jam perjalanan. Sejak itu, Shenzhen menjadi Zona Ekonomi Eksklusif.
Setelah itu muncullah ribuan pabrik berbasis teknologi di Shenzhen. Konka, produsen elektronik yang terus menyerbu dunia, berpusat di Shenzhen. Demikian pula ZTE, pemain no 6 besar dunia pada industri handset, memilih markas besar di Shenzhen. TCL, yang produknya banyak membanjiri Indonesia, juga berkantor pusat di Shenzhen.
Dalam catatan, sedikitnya ada 300.000 industri yang memusatkan kegiatan produksinya di Shenzhen. Umumnya perusahaan berbasis teknologi. Karena itu, tak berlebihan jika menyebut Shenzhen sebagai ibukota teknologi China. Daya tarik Shenzhen juga membuat IBM, perusahaan komputer kelas dunia memindahkan kantor pusat procurementnya untuk seluruh dunia dari New York (AS) ke Shenzhen.

Objek Wisata Kota Shenzhen

1.      Windows Of The World


Windows of The World merupakan salah satu taman hiburan yang paling terkenal di Shenzhen, China. Di Windows of The World para wisatawan dapat melihat berbagai bangunan-bangunan terkenal yang di seluruh dunia, diantaranya yaitu Menara Eiffe, London Bridge, Mount Fuji of Japan, Candi Borobudur, dan berbagai bangunan-bangunan terkenal di Dunia lainnya.

2.      Shenzhen Grand Theater

Shenzhen grand theater merupakan gedung megah yang berdiri di tengah-tengah kota Shenzhen. Gedung ini merupakan gedung multi fungsi yang digunakan untuk berbagai macam acara pertunjukan dan festival yang ada di Shenzhen. Tujuan didirikannnya Teater di Shenzhen ini adalah sebagai langkah untuk melestarikan budaya Cina.

3.      Kuil Tian Hou

Kuil Tian Hou merupakan tempat pemujaan bagi Dewi Laut. Kuil Tian Hou menjadi salah satu objek wisata sejarah yang ada di Shenzhen. Pemandangan unik disekitar Kuil ini adalah pengunjung dapat melihat pohon dengan kain-kain merah yang diikatkan pada ranting-ranting pohon tersebut. Pohon tersebut merupakan Pohon Pengharapan, masyarakat setempat percaya bahwa pohon tersebut dapat mengabulkan keinginan dan harapan mereka.

4.      Pantai Xichong

Pantai Xichong merupakan pantai yang memiliki pemandangan yang indah, pantai ini terletak di Distrik Longgang, Shenzhen. Pantai Xichong mulai dikenal oleh masyarakat luas karena lokasinya yang menghadap ke laut Cina dan merupakan pantai yang bagus untuk berselancar. Pantai Xichong juga masuk ke dalam 10 tempat terindah di Cina versi National Geographic.

5.      Nanao Bay (Teluk Nanao)

Nanao Bay (Teluk Nanao) terletak di kota Shenzhen, China tepatnya di semenanjung Dapeng. Tempat ini memiliki sejuta pesona dan pemandangannya yang begitu indah. Teluk Nanao dikelilingi oleh kawasan perbukitan yang hijau dan juga rumah makan atau restoran yang menyajikan makanan seafood segar khas Teluk Nanao.

6.      Dongmen Commercial City

Dongmen Commercial City merupakan kawasan perbelanjaan yang menyediakan berbagai toko mewah yang menjual aneka barang-barang seperti barang elektronik, pakaian, hingga suvenir khas Cina.

7.      Hongfa Temple Shenzhen

Hongfa Temple Shenzhen merupakan tempat ibadah kepercayaan umat Budha. Di Hongfa Temple para pemeluk agama Budha mempraktekkan nilai-nilai agama mereka, sehingga mereka hidup rukun dan sejahtera.

SUMBER







Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK DESKRIPTIF

GARDEN OF STARS, HONGKONG

Environment Impact Analysis (AMDAL)