AMATAN BAGIAN KAWASAN DI GARDEN OF STAR 2

AMATAN BAGIAN KAWASAN DI GARDEN OF STAR 2
“KENDALA AMATAN

Dalam melakukan pengamatan Kuliah Lapangan Arsitektur (KLA) di Garden Of Star, Hong bukan tidak mungkin selalu berjalan mulus, pastinya ada saja kendala yang terjadi dilapangan yang membuat kami agak kesulitan dalam melakukan pengamatan dilapangan. Berikut ini beberapa kendala yang dihadapi oleh kami selama proses pengamatan berlangsung meliputi :
1.      Waktu
dalam perjalanan yang telah direncanakan terjadi perubahan hari dimana pengamatan dilakukan pada hari ke-2 karena satu dan lain hal diubah menjadi hari ke-1 berada di Hong Kong. ini cukup membuat kelompok kami kebingungan karena setelah sampai Hong Kong waktu kami tidak banyak untuk mempersiapkan segala sesuatunya terutama camera-camera yang harus di setting terlebih dahulu  agar tidak terlalu berbeda. untungnya kami saat masih dibandara Soekarno-Hatta sudah mempersiapkan terlebih dahulu camera-camera agar tidak ribet nantinya disana. tidak sampai disitu kendala yang kami hadapi, karena pengamatan dilakukan pada sore hari dan lewat dari jadwal yang ditentukan dan pastinya pencahayaan pun berbeda jadi diperlukan ketepatan dalam pengaturan kamera pada saat pengambilan video maupun foto akhirnya dilakukan pengecekan kembali, efisiensi waktu yang diberikan ±2 jam juga tidak sepenuhnya cukup untuk kelompok kami jadi kami perlu memperhatikan batas waktu sebelum gelap dimana tidak dapat lagi dilakukan pengambilan video maupun gambar yang bisa berakibat buruknya kualitas gambar yang dihasilkan akibat kurangnya pencahayaan.
2.      Cuaca

Keadaan cuaca di Hong Kong pada tanggal 23 April 2017 diperkirakan berkisar 25°-30°C, dimana saat melakukan pengamatan yang dilakukan oleh kelompok kami di Garden Of Star cuaca tergolong mendung atau gerimis, sehingga diperlukan salah satu pendukung kameramen untuk menjaga kameranya agar tidak terkena basah. Tentu saja dengan adanya cuaca ini menyebabkan pencahayaan redup yang membuat kesulitan mengambil video, beruntung hujan tidak berlangsung lama dan cuaca kembali cerah sehingga kami bisa mengambil data lebih maksimal.

Dengan adanya kendala yang tidak terduga seperti yang kelompok kami alami saran dari saya adalah perlunya mempersiapkan situasi seperti ini sebelumnya hingga saat hari dilakukan pengamatan tidak terlalu banyak mengalami kendala berarti yang dapat menyulitkan di lapangan dan dengan mudah meminimalisir agar pengamatan dapat dilakukan sesuai dengan keinginan kita nantinya dan mendapatkan hasil maksimal.

Sumber :
Buku Saku Kuliah Lapangan Arsitektur Hoshema Ug 2017


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK DESKRIPTIF

GARDEN OF STARS, HONGKONG

Environment Impact Analysis (AMDAL)