PERJALANAN KULIAH LAPANGAN ARSITEKTUR (KLA)

PERJALANAN KULIAH LAPANGAN ARSITEKTUR (KLA)
“HONG KONG-MACAU-SHENZHEN,CHINA”

(KLA) Kuliah lapangan arsitektur adalah dimana mahasiswa pada semester enam akan mendapatkan mata kuliah studi ekskursi dan pada tahun 2017 ini para mahasiswa mendapat kesempatan untuk melakukan KLA di  negara, yaitu HONG KONG, MACAU, SHENZHEN-CHINA. Selama disana kami melakukan pengamatan terhadap objek arsitektur yang telah ditentukan yang hasil akhirnya adalah membuat suatu karya film dokumenter seputar perjalanan dan pengamatan selama menjalani Kuliah Lapangan Arsitektur di negara yang menjadi tujuan pengamatan. nah adapun perjalanan saya selama ke Hong Kong akan saya jelaskan secara singkat dimurai dari :

Hari ke – 1
Berangkat pada tanggal 23 April 2017 dari Bandara Internasional Soekarno-Hata menggunakan pesawat maskapai penerbangan China Airlines.
Sampai di Hong Kong di bandara Hong Kong International Airport pada tanggal 23 April 2017 pukul 12:25, dimana waktu jam di Hong Kong lebih cepat 1 jam dibandingkan Indonesia. Sesampainya disana kami disambut dengan Tour Guide dilanjutkan dengan lunch di local restaurant.
Lalu dijemput oleh Bis Turis dan menuju ke perjalanan jewellary shop & souvenir shop dan sore harinya dilanjutkan dengan kunjungan observasi pertama yaitu ke “Garden of Star” dengan tema “landscape”. Observasi ini dilakukan selama ± 2 jam. Kelompok yang melakukan observasi adalah kelompok 1 pada area sekitar Garden Of Star meliputi cakupan yang menjadi objek pengamatan seperti pola sirkulasi, detail,pedestrian, street furniture, soft dan hard material, dll. Di akhir hari ini perjalanan dilanjutkan menuju Best Western Harbour Hotel untuk Check in.



Garden Of Star

Hari ke –2
Hari kedua melakukan perjalanan menuju Victoria Peak dan Madame Tussauds. Dilanjutkan perjalanan menuju "Macau" yang memakan waktu ±1jam dari Hong Kong menggunakan kapal ferry. Sampai di macau dilanjutkan mengunjungi A-Ma Temple dan Macau Tower ±30 menit dikarenakan waktu yang terbatas. Setelah itu perjalanan dilanjukan menuju ke Macau Rio Hotel.


Madame Tussauds (agak merah dikit nih muka, gapapalah :))

Macau Tower
Hari ke –3
Hari ini ada pengamatan di daerah Macau bernama "Senado Square" merupakan wilayah beraspal yang berada di pusat bekas koloni Portugis di Macau menjadikannya pertemuan budaya China dan Portugis.. tempat ini ditutupi oleh bangunan Leal Senado, Kantor Pos Umum, dan Gereja Santo Dominikus. Senado Square merupakan salah satu amatan dari salah satu kelompok. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke “Venetian Mall” dan “Ruin’s Of St. Paul” merupakan reruntuhan dari sebuah kompleks abad ke-16 di Macau dan salah satu peninggalan Gereja Katedral terbesar di Asia pada masanya dahulu dimana kedua tempat ini dijadikan sebagai objek pengamatan dua kelompok, diilanjutkan menuju Shenzhen, China dengan menggunakan ferry.
Senado Square



Venetian Mall





Ruin’s Of St. Paul

Hari ke –4
Di Shenzhen kami semua menginap di Shenzhen Century Kingdom Hotel dan paginya setelah breakfast dilakukan pengamatan yang dimulai dengan mengunjungi “Window of the world”  sebagai pengamatan selanjutnya, setelah sebelumnya ke Mineral Museum+Herbal Shop, kemudian di akhiri makan malam di Dongmen Street, yaitu sebuah pusat perbelanjaan yang ada di Shenzhen.
                                                    
Window of the world

                                                    
Dongmen Street

Hari ke-5
Paginya di hari terakhir perjalanan pengamatan terakhir Shenzhen diStadium Olmpic Student Shnezhen kemudian berangkat dari Shenzhen menuju Hong Kong dengan jalur darat untuk pergi ke bandara Hong kong International Airport dan meninggalkan Hong kong pada pukul 16:35 dan sampai di Soekarno Hatta International Airport menurut jadwal yaitu malam hari pada pukul 20:20 WIB.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK DESKRIPTIF

GARDEN OF STARS, HONGKONG

Environment Impact Analysis (AMDAL)