TUGAS KE-1 ISD(ILMU SOSIAL DASAR) “PENGERTIAN,TUJUAN ISD dan IPS”

NAMA: SAFITRI
NPM: 29314924
KELAS: 1TB03

Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS 

1.       PENGERTIAN ISD
Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang mengkaji dan menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahua keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial, seperti : sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.
Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
 Ilmu sosial dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu sosial diatas.

2.      TUJUAN ISD

Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a.       Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c.       Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
d.      Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

3.      Tiga Kelompok Ilmu Pengetahuan

berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai patokan dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dikelompokan menjadi tiga, yaitu :
1.   Natural sciences (ilmu-ilmu alamiyah), adalah ilmu yang semua kaitannya tentang nilai kehidupan dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum yang pasti dan umum, serta memerlukan suatu perhitungan yang amat dalam dan juga berdasarkan metode-metode ilmiah.  Ilmu-ilmu alamiyah sangat lah penting karena memilik berbagai manfaat di dalam kehidupan yang dapat dipergunakan untuk kelangsungan hidup manusia. Adapun berbagai cabang ilmu alam meliputi : fisika, kimia, astronomi, biologi, botani dan lain-lain.
2. Social sciences (ilmu-ilmu sosial),adalah ilmu yang mempelajari tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya, baik berupa perilaku antar sesama, interaksi sosial dan nilai kehidupan sosial di dalam masyarakat. Ilmu-ilmu sosial dibagi menjadi beberapa cabang ilmu sosial, meliputi : sosiologi, ekonomi, politik, antropologi, sejarah, psikologi, geografi dan lain-lain.
3.     Humanitas,(ilmu-ilmu budaya), adalah ilmu yang mempelajari berbagai norma, adat dan kebiasaan yang berbeda di suatu daerah atau Negara. Ilmu budaya muncul dan berkembang di kehidupan manusia sesuai dengan perubahan zaman, namun dapat luntur dan hilang jika sudah tidak sesuai dengan pola hidup manusia sendiri. Ilmu budaya dibagi menjadi beberapa cabang , meliputi : bahasa, agama, kesusastraan, kesenian, dan lain-lain.


4.     Perbedaan dan Persamaan ISD dan IPS

Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
Adapun persamaan antara keduanya yaitu :
a.  Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial. 
Adapun perbedaan antara keduanya yaitu :
 a.   Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
 b.   Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
 c.  Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

5.     Ruang Lingkup ISD

Materi ilmu sosial dasar terdiri atas berbagai masalah sosial. Untuk mengetahui dan menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga bahan pembelajaran ilmu sosial dasar dibagi menjadi tiga golongan, antara lain :

1.    Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat. Meliputi, latar belakang disiplin ilmu atau pandangannya serta berbagai pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2.    Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar  atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial. Serta masalah perbedaan dan persamaan dalam bermasyarakat yang menimbulkan pertentangan/konflik, kerja sama, kesetiakawanan antar individu dan kelompok.
3.    Membahas masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.

SUMBER




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK DESKRIPTIF

GARDEN OF STARS, HONGKONG

Environment Impact Analysis (AMDAL)