KRITIK DESKRIPTIF


GELANGGANG OLAHRAGA (GOR) CIRACAS



Gelanggang olahraga Ciracas adalah salah satu pusat olahraga bagi komunitas olahraga,  atlet dan warga jakarta, GOR Ciracas ini letaknya di Jl. raya Bogor KM 25, Ciracas, Jakarta Timur. Bangunan ini mulai dibangun pada tahun 2005 yang mulai beroperasi sejak 1 Januari 2010 dan diresmikan oleh gubernur DKI Jakarta Bapak Fauzi Bowo pada  tanggal 19 April 2012 dengan berdiri di atas lahan bekas wilayah lokalisasi seluas ±6.6 hektar, serta menghabiskan dana sebesar 173 milyar.

Gelanggang olahraga Ciracas mengahadap langsung ke arah akses jalan utama. GOR Ciracas merupakan salah satu dari 5 gelanggang olahraga berstandar internasional meliputi GOR Pulogadung Jakarta Timur, GOR Cempaka Putih Jakarta Selatan, GOR Tanjung Priok Jakarta Utara dan GOR Grogol Petamburan Jakarta Barat yang diupayakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dengan daya tampung GOR Ciracas sekitar ±1700 penonton.  Dengan upaya tersebut maka GOR Ciracas sering dijadikan sebagai lokasi event-event olahraga tingkat nasional maupun internasional, seperti : futsal, voli, basket, bulu tangkis, sepak bola, dan seni bela diri seperti Taekwondo, Pecak Silat dll.

GOR Ciracas terdiri atas satu bangunan utama dengan tiga lantai. Dimana lantai pertama terdiri atas ruang serbaguna untuk kegiatan masyarakat seperti latihan berbagai macam cabang olahraga dan kegiatan tari dimana bangunan tersebut terhubung pada area masuk tribun lapangan sepak bola dengan kapasitas ±2500 penonton dengan atap tribun dibuat melengkung dengan menggunakan rangka atap curve truss, ruang komentator pada area tengah dan sisi lapangan yang memiliki lintasan atletik. Pada area lantai dua terdapat lapangan serbaguna yang dapat digunakan oleh beberapa cabang olahraga dalam satu ruangan, seperti futsal, basket, voli, bulu tangkis dan bela diri yang dilengkapi oleh tribun penonton dengan rangka atap dibuat melengkung dengan menggunakanrangka atap Space frame. Sementara pada lantai tiga terdapat ruang fitnes yang disediakan untuk menambah suasana kelengkapan olahraga pada GOR Ciracas. Adapun fasilitas indoor lainnya berupa : gym, toilet, ruang ganti, musholla, kantin, ruang pengelola, gudang, ruang panitia, ruang audio, janitor, ruang sekretariat, ruang pemanasan, ruang VIP, ruang keamanan, tenant sebaagi tempat penjualan alat-alat olahraga yang berfungsi untuk mempermudah pengunjung yang datang jika ingin membeli peralatan olahraga, dll. Untuk fasilitas penunjangnya berupa : lift, tangga, ruang genset, parkir, AC, lampu, hidrant, ramp untuk aksesibilitas difabel, dll.

GOR Ciracas juga memiliki beberapa area outdoor berupa area kolam renang yang luas dengan tribun pada bagian dalamnya yang terhubung pada bagian depan  dan pada bagian sisinya terhalang dengan pagar pembatas, lapangan basket outdoor, fasilitas fitnes terbuka dengan berbagai macam alat olahraga berupa leg stertcher atau peregang kaki, pull up station, waist and back massager, hip twister (triple), pull chair dan sejumlah jenis sarana olahraga lainnya dilahan seluas sekitar 400 m² yang terletak di sudut utara GOR Ciracas, taman serta parkir kendaraan di beberapa area GOR Ciracas.
Bangunan GOR Ciracas pada beberapa bagian dalam menggunakan karakter, nuansa dan ornamen betawi yang menjadi citra budaya Jakarta, berupa dua buah patung ondel-ondel yang terdapat pada area depan akses masuk di lantai satu, ornamen pagar kayu pada bagian bawah bangunan dan ornamen lisplang gigi balang pada bagian atas bangunan yang terdiri dari bentuk segitiga dan bulatan yang menurut beberapa budayawan betawi memiliki makna kejujuran, keberanian, keuletan dan kesabaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GARDEN OF STARS, HONGKONG

Environment Impact Analysis (AMDAL)