PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


IRMAN GUSMAN





Nama                           : H. Irman Gusman, S.E., MBA
Lahir                            : Padang Panjang, Sumatera Barat, 11 Februari 1962
Umur                           : 54 Tahun
Agama                         : Islam
Pendidikan            : Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia, Master of Business Administration (MBA) dari Graduate School of Business, University of Bridgeport, Connecticut, Amerika Serikat.
Pekerjaan                     : Politisi, Pengusaha
Jabatan Sekarang         : Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Periode 2014-2019.

Ketua DPD RI, Iman Gusman memulai karier politiknya sejak 1999 dengan menjadi anggota MPR RI mewakili Sumatera Barat. Kemudian pada Pemilu 2004, beliau terpilih sebagai anggota DPD RI mewakili Sumatera Barat dan menjadi Wakil Ketua DPD RI bersama Ginandjar Kartasasmita sebagai Ketua DPD RI periode pertama. Pada 2009, Ia kembali terpilih dan di percayai sebagai anggota DPD RI mewakili Sumatera Barat dan terpilih sebagai Ketua DPD RI periode (2014-2019).
Sebelum terjun ke dunia politik, Irman adalah seorang pengusaha dan memulai nya ke bisnis milik keluarga PT Khage Lestari Timber pada tahun 1988. Selain itu beliau juga mendirikan sebuah kawasan industri yaitu Padang Industrial Park, aktif sebagai wartawan yang tercatat sebagai pemimpin Redaksi Harian Mimbar Minang,memprakasai berdirinya Koperasi Equatorial Minang Media dan tercatat sebagai Komisaris PT Abdi Bangsa, Tbk., penerbit harian Republika (2000-2002).
Irman Gusman termasuk ke dalam tokoh yang mempunyai kewarganegaraan yang baik, hal ini terlihat dari hasil pemikirannya yang telah memberikan sumbangsih untuk negara terutama dalam bidang politik nasional.
Hal ini tercermin baik dari sikap, perilaku dan tindakannya dalam fakta berikut ini :
  • Sebagai penggagas sistem politik dua kamar (bikameral) dalam parlemen Indonesia.
  • Ikut serta dalam memperjuangkan perubahan sistem ketatanegaraan Indonesia pada saat reformasi bergulir. Ia adalah penggagas amandemen UUD 1945 yang saat itu menjadi anggota MPR RI utusan Sumatera Barat tahun 1999, sehingga presiden dan wakil presiden dipilih secara langsung oleh rakyat, pembatasan masa jabatan presiden hanya dua periode, serta lahirnya Mahkamah Konstitusi serta Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).
  • Beliau dikenal sebagai figur pejuang daerah yang tegas dan konsisten memajukan peran daerah dalam pembangunan nasional. Kiprahnya telah mengantarkan beliau mendapat tanda kehormatan Bintang Mahaputra Adipradana dari pemerintah. 
  • Irman Gusman tercatat dalam sejarah sebagai satu-satunya pimpinan parlemen yang terpilih hingga tiga periode beruturut-turut mulai dari wakil ketua DPD RI pada periode pertama dan ketua DPD RI pada periode ke-2 dan 3. Hal ini menandakan bahwa beliau mendapatkan kepercayaan penuh dari rakyat dalam mengemban amanat yang diberikan oleh rakyat kepadanya di DPD RI pada periode presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi).

PENGAHARGAAN
·         Bintang Mahaputra Adipradana
·         Pemimpin Muda Berpengaruh oleh Majalah Biografi Politik
·         Pemimpin Muda Indonesia oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
·         Pemimpin Muda Berpengaruh oleh Majalah Jakarta Political Club
·         Pemimpin Muda Potensial di Parlemen oleh Pemerintah Amerika Serikat

SUMBER


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK DESKRIPTIF

GARDEN OF STARS, HONGKONG

Environment Impact Analysis (AMDAL)