TUGAS KE-3

NAMA: SAFITRI
NPM: 29314924
KELAS: 1TB03


   1.  Kompetensi dasar apa yang ingin dicapai setelah anda belajar IBD?
             Kompetensi yang ingin
 dicapai setelah saya belajar IBD (Ilmu Budaya Dasar) sebagai seorang mahasiswa kedepannya adalah agar setiap mahasiswa dapat mengeluarkan kreativitasnya dan mempunyai pemahaman akan suatu permasalahan/penyimpangan yang timbul dan terjadi di masyarakat, baik sosial maupun budaya dengan tidak melupakan rasa empati  terhadap sesama, mampu berfikir secara kritis dan logis dengan memanfaatkan ilmu yang telah didapat serta memiliki komitmen yang kuat dalam melakukan sesuatu. 
    2.  - pendapat kalian tentang perbedaan suku-suku yang ada di Indonesia dapat bersatu menjadi satu kesatuan yang disebut Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi dasar Negara Indonesia?
              Menurut pendapat saya perbedaan akan suku-suku di Indonesia yang dapat bersatu menjadi satu kesatuan adalah hal yang patut dan seharusnya kita hargai, hormati, dan jaga secara terus menerus. Karena, tanpa adanya satu  kesatuan di suatu Negara terutama dengan beraneka ragam suku, bahasa, agama, ras serta kepercayaan masing-masing seperti hal-nya di Negara Indonesia hanya akan menghasilkan permasalahan dan perselisihan yang akan menimbulkan perpecahan. Jadi, kesimpulannya hargailah perbedaan karena dengan menghargai perbedaan akan tercipta suatu perdamaian, seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika berbeda-beda tetapi tetap satu jua.  
  3. Manakah yang benar. Kebudayaan adalah produk manusia atau manusia adalah produk kebudayaan?
Menurut pendapat saya, kebudayaan adalah produk manusia. Kerena, kebudayaan lahir dan berkembang melalui adat atau kebiasaan yang dilakukan oleh manusia yang berlangsung secara turun temurun, salah satunya berdasarkan aktivitas yang dilakukan. Dengan kata lain menusia sebagai awal pembentuk atau lahirnya suatu kebudayaan yang berbeda di setiap wilayah, tergantung masyarakat itu sendiri. Tanpa adanya manusia kebudayaan mungkin saja tidak pernah ada oleh karena itu sebagai pembentuk kebudayaan manusia berkewajiban menjaga dan memelihara kebudayaan itu sendiri agar tetap terjaga dengan baik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK DESKRIPTIF

GARDEN OF STARS, HONGKONG

Environment Impact Analysis (AMDAL)