TUGAS KE-1 IBD (ILMU BUDAYA DASAR) “TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR”



NAMA: SAFITRI
NPM: 29314924
KELAS: 1TB03

2. TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
 MASALAH BUDAYA

Budaya adalah suatu pola, cara hidup atau kebiasaan yang berkembang di masyarakat dari satu generasi ke generasi lain secara turun-temurun dan menyeluruh.
Seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan zaman  suatu budaya semakin lama semakin memudar. Diantaranya sebagai berikut :
1.      Kurangnya regenerasi
Di zaman sekarang ini sudah jarang masyarakat khususnya generasi muda yang mau mempelajari budaya sendiri dan lebih terpengaruh budaya luar sehingga dikhawatirkan kedepannya generasi muda  tidak mengenal lagi kebudayaan bangsa sendiri.
2.      Kurangnya rasa memiliki
Dimana banyak sekali terjadi pengklaiman dari Negara lain terhadap budaya bangsa kita, hal ini terjadi karena kurangnya rasa memiliki dan kebanggaan akan budaya sendiri.
3.      Konsep pelestarian budaya yang kurang tepat.
Dimana pelestarian budaya lebih mengutamakan tetap adanya budaya tersebut tanpa diimbangi dengan regenerasi dan rasa memiliki kebudayaan itu sendiri. Karena tanpa adanya hal itu pelestarian budaya dapat berlangsung secara tidak maksimal.
4.      Pengaruh budaya asing
hampir  sebagian generasi muda yang lebih menerapkan dan memilih mempelajari budaya asing dibandingkan dengan budaya sendiri sehingga budaya sendiri mulai memudar dan terlupakan ditambah lagi dengan kemajuan zaman.


MASALAH KEMANUSIAAN
Seiring berkembangnya zaman berbagai permasalahan juga semakin  marak terjadi terutama dalam hal kemanusiaan yang semakin mengkhawtirkan. Adapun permasalahan kemanusiaan, meliputi :
1.      Kemiskinan
Kemiskinan adalah suatu hal yang sering terjadi di setiap Negara, hal ini seringkali menimbulkan  peselisihan dan kecemburuan sosial di kalangan masyarakat.
2.      Korupsi
Korupsi timbul dan terjadi karena ketidakpuasan seseorang yang ingin selalu merasa lebih tanpa mementingkan kepentingan orang benyak. Hal ini sering terjadi pada pejabat Negara yang hanya menimbulkan kerugian dan kesengsaraan rakyat.
3.      Eksploitasi  dan Perdagangan manusia
Hal ini merupakan hal yang sangat menyedihkan dimana eksploitasi dan perdagangan manusia sudah semakin menjalar dan meningkat dari tahun ke tahun. Diperlukan adanya perhatian dan penanganan lebih dari pemerintah tentang masalah ini.
4.      Diskriminasi
Diskriminasi sering terjadi di masyarakat yang didominasi oleh perbedaan kasta antara si miskin dan si kaya.
dan masalah-masalah nilai kemanusiaan lain seperti pencurian, pembunuhan,pemerkosaan, dan sebagainya.

TUJUAN  ILMU BUDAYA DASAR
      Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar  bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep untuk mengkaji dan mengembangkan berbagai masalah manusia dan kebudayaan serta mengembangkan dan memperluas wawasn mahasiswa menyangkut nilai-nilai budaya baik diri sendiri maupun alam sekitarnya. Adaun harapan dari Tujuan ilmu budaya dasar tersebut, sebagai berikut :
1. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sekitar, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang bane, terutama untuk kepentingan profesi mereka
2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan terhadap masalah kemanusiaan dan budaya lebih kritis.
3. Mengusahakan mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
                
SUMBER :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK DESKRIPTIF

GARDEN OF STARS, HONGKONG

Environment Impact Analysis (AMDAL)